Summer Course at China University of Mining and Technology

“International Higher Education Allianci for Mining, Energy and Environtment at CUMT” program summer school ini memiliki fokus dalam bidang teknik pertambangan, berkolaborasi dengan program pengenalan dan pembelajaran budaya-budaya China, dan jaringan kegiatan aktivitas mahasiswa. 

Program pertukaran pelajar ini diperuntukkan bagi mahasisiswa dalam bidang Pertambangan, Energi dan Lingkungan. Durasi program ini dilaksanakan selama 26 hari berdasarkan mekanisme jadwal yang telah disediakan. Mahasiswa mendapatkan kuliah pilihan, cultural visit, field trip, pengenalan budaya china, dan presentasi dari para pengajar CUMT semua kegiatan ini berhubungan dengan topik pertambangan, energi dan lingkungan selama 4 minggu dalam periode satu bulan.

Dalam program Summer School yang diselenggarakan oleh CUMT kali ini, 2 Mahasiswa Teknik Pertambangan ULM sebagai delegasi dari Universitas Lambung Mangkurat terpilih untuk menjadi peserta perwakilan Indonesia di Xuzhou, Jiangsu China. Mereka adalah Benaya Satria dan Tita Zhafira mahasiswa Teknik Pertambangan angkatan 2015

Pada kegiatan field trip ini peserta dikenalkan dengan lahan pasca tambang batubara tambang bawah tanah di daerah Jiangsu. China adalah salah satu penghasil cadangan batubara terbesar di dunia, namun keterdapatan cadangan batubara di China memiliki kedalaman ± 50-100 m dibawah permukaan bumi sehingga pertambangan di China banyak menggunakan sistem tambang bawah tanah. Sistem tambang bawah tanah di China memiliki angka 90% dibandingkan dengan tambang terbukanya.

Pada daerah pasca tambang di danau Pa’an adalah salah satu dampak dari kegiatan tambang batubara tersebut yang menghasilkan subsidence atau penurunan permukaan tanah akibat kegiatan tambang bawah tanah, sehingga air permukaan tanah meluap dan membentuk rawa atau danau. Namun, tempat yang dulunya bekas aktivitas tambang tersebut berubah menjadi tempat wisata danau Pa’an yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar.

Summer Course at China University of Mining and Technology

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top