Pelatihan Estimasi Sumberdaya Batubara

KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasi-kan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

Pengadaan Kegiatan Pelatihan Estimasi Sumberdaya Batubara ini merupakan salah satu acara dalam rangka mempersiapkan mahasiswa Teknik Pertambangan FT ULM dalam menghadapi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pelatihan ini berbasis kepada penguatan konsep estimasi dan konsep sumberdaya batubara, serta dasar pengolahan data hasil eksplorasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan pemikiran sebagai profesional pertambangan serta menambah ilmu bagi mahasiswa Teknik Pertambangan ULM.

Kegiatan ini merupakan Program Kerja dari Program Studi Teknik Pertambangan tahun 2018, yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Agustus 2018 di Lab Geologi Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru dan diikuti mahasiswa Teknik Pertambangan sejumlah 30 orang. Pada hari pertama kegiatan diadakan acara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Pengantar Genesa Batubara dan Data Hasil Eksplorasi Batubara serta Analisis Statistik Data Eksplorasi Batubara. Pada hari kedua materi yang disampaikan adalah Konsep Sumberdaya Batubara dan Teori Perhitungan Sumberdaya Batubara dikaitkan dengan Kode KCMI 2011 dan SNI 5015:2011 serta Estimasi Sumberdaya Batubara menggunakan Perhitungan Klasik. 30 menit sebelum ditutupnya acara, dilaksanakan pula ujian tertutup untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami materi.

Pelatihan Estimasi Sumberdaya Batubara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top