Kuliah Umum Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D

18

Kuliah umum ini disampaikan langsung oleh Guru Besar Institut Teknologi Badung (ITB) Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Hadir dalam acara Ketua Senat ULM Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS, Rektor ULM Prof. Dr. H. Suarto Hadi M.Si., M.Sc, Ketua Dewan Kehormatan FRI Prof. Rochmat Wahab, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral RI Drs. Hermansyah, M.Si, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga serta mahasiswa dari ULM dan PTN/PTS di Banjarmasin yang sangat antusias untuk mengikuti kuliah umum yang diberikan.

6

Dalam Kuliah Umum ini Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D menyampaikan serta berdiskusi kepada para peserta mengenai konsep-konsep kedaulatan energi, revolusi industri 4.0, dan Kedaulatan Energi. Rektor menyampaikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar sehingga apabila ingin melangkah menjadi negara industri maju, energi sebagai salah satu komponen penting untuk sebuah industri harus dirumuskan dengan baik. Kalimantan sendiri memiliki deposit uranium yang jika dikayakan bisa dijadikan sumber energi apabila memang diputuskan untuk mengembangkan pembangkit energi tenaga nuklir, konsep-konsep terkait hal ini sudah disiapkan namun hanya tinggal menunggu keputusan dari pemerintah terkait izinnya. Menurut Rektor, terkait ketahanan energi ULM khususnya Fakultas Teknik memiliki pakar-pakar dalam bidang ini yang siap untuk berkontribusi dalam perkembangan energi di Indonesia.

Link terkait :


https://www.purnomoyusgiantorocenter.org/2018/08/03/general-lecture-energy-sovereignty-in-indonesia-in-order-toward-industrial-revolution-4-0-4-0-ir/
https://ulm.ac.id/id/2018/08/02/ketahanan-energi-revolusi-industri-4-0/

Kuliah Umum Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top