Dosen PSTP Presentasi Penelitian dalam Seminar Nasional Lahan Basah 2022

Seminar Nasional Lahan Basah (SNLB) merupakan kegiatan seminar yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat. Pada tahun  ini tema seminar adalah LPPM sebagai Care Novelty Riset dan Pengabdian dalam Pembangunan Lingkungan Lahan Basah Secara Berkesinambungan dan dilaksanakan pada tanggal 1-2 November di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Dosen PSTP pada Seminar Nasional Lahan Basah 2022

SNLB 2022 mengundang keynote speaker Prof. Dr. Ir. Faiz Syuaib, M.Agr. selaku Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbudristek, serta dua invited speaker yaitu Dr. Momon Sodik Imanudin, S.P, M.Sc dari Universitas Sriwijaya dan Prof. Sunardi, S.Si, M.Sc., Ph.D dari Fakultas MIPA ULM. 

Bapak Ir. Agus Triantoro, S.T., M.T. mempresentasikan hasil penelitian terkait briket batubara
Bapak Eko Santoso, S.T., M.T. sedang mempresentasikan hasil penelitian terkait ANN

Selain Pembicara utama, SNLB 2022 juga diikuti oleh para pemakalah yang berasal dari internal Dosen ULM dan dosen atau peneliti dari luar ULM.  Untuk pemakalah yang berasal dari ULM, sebagian besar merupakan dosen yang mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian dari LPPM ULM. Pada tahun ini ada empat orang dosen Prodi Teknik Pertambangan yang memperoleh hibah penelitian dan pengabdian dari LPPM ULM dan mempresentasikan hasilnya pada Seminar Lahan Basah 2022. Pemakalah pertama adalah Ir. Agus Triantoro, S.T., M.T. dengan judul makalah Studi Pembuatan Biobriket Campuran Gambut dengan Bottom Ash dan Arang Tempurung Kelapa. Pemakalah kedua yaitu Eko Santoso, S.T., M.T. dengan judul makalah Pembuatan Model Artificial Neural Network untuk Memprediksi Tingkat Lemparan Batuan Akibat Operasi Peledakan pada Tambang Terbuka Batubara. Pemakalah ketiga yaitu Karina Shella Putri, S.T., M.T. dengan judul makalah Kajian Kebutuhan Energi Listrik Guna Menggerakkan Sektor Strategis Ekonomi Dalam Rangka Pembangunan Berkelanjutan Di Provinsi Kalimantan Selatan. Pemakalah terakhir dari Prodi Teknik Pertambangan adalah Anissa, S.T., M.T. dengan judul penelitian  adalah Studi Karakteristik Batubara Terhadap Lingkungan Pengendapan Batubara Pada Formasi Tanjung Kalimantan Selatan serta pemakalah pengabdian kepada masyarakat dengan judul Inovasi Teknologi Mesin Pencetak Briket Batubara dari Bahan Bekas untuk Pemanfaatan Limbah Batubara UMKM Maju Bersama di Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Ibu Annisa, S.T., M.T. mempresentasikan hasil penelitian terkait lingkungan pengendapan batubara Formasi Tanjung
Ibu Karina Shella Putri, S.T., M.T. mempresentasikan penelitian terkait kebutuhan listrik di Kalimantan Selatan
Dosen PSTP Presentasi Penelitian dalam Seminar Nasional Lahan Basah 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top